Sunday, April 17, 2016

All About My Hair

Haiii aku nulis blogpost lagi yeay! Pokoknya sekarang kalo ngepost mesti malem karena enak suasananya  udah beres semua (tugas, jadwal, dll) huhuhu

Aku mau cerita tentang rambutku. I really love my hair though sometimes I hate it. Rambutku masuk dalam kategori kering, kusam, dan kasar kalo gak dirawat. Kadang iri sama mereka yang rambutnya halus, lembut, berkilau bawaan lahir (salah satunya rambut pacarku *ea), beneran lho rambutnya dia itu halus banget, kulitnya juga putih, kalo jadi cewek mungkin dia banyak yang naksir kali ya hehehe

Ok kembali ke rambutku, jadi rambutku belakangan ini sering aku cat. Dulu banget jaman awal masuk kuliah aku masih blur soal cat rambut, jadi aku beli merk yang udah terkenal banget murahnya yaitu Mir*nda, harganya beneran murah banget cuma Rp. 7000 aja lho di deket rumahku dan waktu itu aku beli warna merah, namanya lupa sih pokoknya warna merah gonjreng. Setelah dipake, lumayan masuk ke rambutku (fyi waktu itu rambutku masih virgin hair) jadi rambutku berubah warna jadi merah. Waktu itu aku ngecat rambut pas H-2 ulang tahunku yang ke-19 (sekarang umurku 20) dan pas hari H ultahku, aku sekeluarga ngerayain di pemancingan ikan dan kolam renang, jadi aku renang. Rambutku yang udah kuwarnain merah itu kena kaporit kolam renang, dan setelah keramas, kering, ku amatin kalau warnanya memudar. Setelah itu kuwarnain lagi jadi selang Seminggu gitu lah, kebayang kan gak sehatnya rambutku waktu itu, dan waktu itu aku gak pake kondisioner/hair mask apapun jadi cuma shampoo. Hasilnya rambutku super kering + megar kayak singa gitu tapi untung waktu itu rambutku potongan bob jadinya gak begitu keliatan megar oh iya fyi rambutku walau keadaannya kering banget tapi gak bercabang lho waktu itu...

Nah aku mulai nggak ngecat rambut lagi akhirnya, setelah setahun kemudian tepatnya sekitar bulan November 2015 kemarin aku ngecat rambutku lagi. Kali ini warna blonde dan pake cat rambut merk Fe*es yang harganya around Rp. 25.000-an di supermarket deket rumahku. Ini aku udah agak experienced dalam hal mewarnai rambut sendiri lho, jadi even kuwarnain sendiri tapi bisa rata + udah masuk yay! Sekarang rumusnya kalo rambut warnanya masih hitam pekat dan belum pernah diapa-apain, misal mau diwarna cokelat tua, kamu pilih catnya jangan dark brown karena trust me, itu gak akan bisa masuk ke rambut kamu, pilihnya harusnya warna light brown apa blonde, gak akan jadi blonde kok kalo rambutmu masih warna asli sebelumnya. Akhirnya rambutku kuwarnain pake cat Fe*es tadi (blonde) tapi bagian bawahnya aja biar ombre, dan berhasil dong. Tadinya emang blonde gitu pas habis pertama dikeramasin, setelah keramas kedua, warnanya jadi light brown atau medium brown gitu, seneng banget. Tapi jatuhnya kasar huhuhu

Selama cerita di atas, aku gak pake kondisioner apapun, masih pake sampoo aja.

Nah bulan Maret 2016 kemarin aku ngecat rambut lagi. Kali ini sebenernya nggak rencana mau ngecat rambut, gara-gara aku pas ke Indom*rt aku lihat diskonan cat rambut G*rnier semua range warna, aku jadi kepengen nyoba gitu dan akhirnya beli warna brown. Setelah aku aplikasikan ke seluruh rambut, dan ku bilas, setelah kering warnanya GAK MASUK SAMA SEKALI! Ok sebenernya it was not the worst part, bagian yang terparah ialah rambut ombreku jadi belang-belang gitu karena car G*rnier tadi bikin cokelat cenderung hitam ke rambut ombreku. Hasilnya sampe sekarang rambutku yang ombre belang-belang -_______- nyesel gitu lah ceritanya, jadi imo cat rambut G*rnier ini gak cocok buat gaya-gayaan, mungkin lebih cocok buat nutupin uban.

Sekarang, aku udah mulai merawat rambut. Produk yang aku pake selama ini:
- Loreal Extraordinary Oil
- Minyak Cem Ceman Mustika Ratu
- Mustika Ratu Hairmask Cem Ceman Akar Wangi
- Natur Shampoo varian Olive Oil
- Natur Conditioner varian Aloe Vera

Urutannya:
Sebelum keramas (2-3 jam) aku pake Minyak Cem Ceman Mustika Ratu, dioleskan ke seluruh batang rambut terus aku pake shower cap
Keramas pake Natur Shampoo & conditionernya
Setelah rambut kering, pake Loreal Extraordinary Oil
Seminggu sekali pake Hairmask Mustika Ratu, aku kalo pake hairmask, urutannya: pake hair oil 2-3 jam sebelum keramas, bilas pake air aja, pake hairmask, bilas pake shampoo & conditioner, tunggu sampe rambut kering, pake Loreal Extraordinary Oil

Simple banget dan produk yang aku pake super murah semua, gak mahal kayak di salon-salon dan nyarinya gampang kalo kamu tinggal di Kota Solo. So far aku seneng dan puas banget sama Loreal Extraordinary Oil, bikin lembuuuut banget rambutnya meski baunya agak gak enak gitu, dan Minyak Cem Ceman Mustika Ratu juga bagus, baunya harum dan ada herbal-herbalnya gitu baunya, alami banget, bikin rambut cepet panjang (serius), Mustika Ratu Hairmask ini aku agak kurang puas jadi jarang kupake, isinya masih banyak banget karena ternyata Mustika Ratu Hairmask ini ditujukan untuk kulit kepala yang berketombe, while aku gak ketombean sama sekali. Natur Shampoo aku seneng banget!!! HGku banget! Setelah aku berpetualang *halah* mencari shampoo yang cocok buat rambutku, pencarianku berakhir di Natur ini, meski gak berbusa tapi oke punya lho, baunya jamu gitu dan encer, karena gak berbusa, gak recommended buat yang rambutnya greasy ya karena nanti kesannya kurang bersih. Oiya shampoo Natur ini bikin rambutmu agak kering setelah keramas kalo gak pake conditionernya. Conditioner Natur aku love juga! HG banget! Bikin rambut lembut dan halussss, pengen megang rambut terus jadinya wkwkwkwk beneran deh aku selama ini nyobain berbagai merk conditioner dan gak ada yang seberhasil conditionernya Natur ini dalam menaklukkan rambut singaku. Aku seneng, thanks to foundernya Natur ini, you are da real MVP fam!

Tips dari aku, menurut pengalamanku:
Kalo keramas, jangan sering-sering jika rambutmu kering, kasar, megar. Keramas 3 hari bahkan 4 hari sekali, gak papa berminyak, daripada susah diatur kan?
Terus kalo pengen rambut cepet panjang, jangan sering-sering keramas. Rambut kering susah panjangnya, makanya jangan keseringan keramas karena itu bisa menghilangkan minyak alami rambut.
Kalo pengen punya rambut bagus, jangan males. Ritual minyak-minyakan itu penting banget buat aku sekarang.
Gak ada yang instan, semua butuh proses, jadi harus sabar.
Kenali jenis rambutmu kalo mau perawatan, produk yang cocok di aku, belum tentu cocok di kamu.

Baiiiii~

No comments: