Saturday, April 9, 2016

Aku Introvert

Apa kamu punya teman yang sukanya menyendiri, jarang ngajak ngobrol duluan, atau kelihatan ingin mengatakan sesuatu namun ada yang mengganjal? Atau bahkan kamu sendiri? Kalau iya, mungkin perlu bertanya-tanya kalau kamu introvert apa bukan.

Introvert itu adalah orang yang tertutup, lawan dari ekstrovert. Ekstrovert sendiri adalah orang yang humble, terbuka, dan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Karena di KBBI nggak ada pengertian apa itu introvert *ya jelas-_-* jadi aku bikin sendiri pengertiannya sesuai pemahamanku. Aku ngepost ini karena pengen curhat gitu deh.

Lama kelamaan aku sadar dan semakin yakin bahwa aku ini seorang introvert. Memang belum begitu introvert ya karena aku masih ada pacar, biasanya yang introvertnya udah kebangetan kan dia jadi bener-bener punya dunia sendiri, bahkan gak berencana sama sekali buat pacaran. Jadi kalau misal dibikin skema 1-3, aku ini ada di nomor 2.

Aku sadar dan yakin kalau aku introvert itu mulai dari aku meninggalkan dunia blogging sekitar tahun 2012 kemarin. Di situ aku kan live my life beneran, menikmati hidup di dunia nyata, dan ternyata asik juga, cuma orang-orangnya yang gak asik sama sekali, aku gak suka orang-orang dan mungkin mereka juga gak suka aku. Karena masuk ke lingkungan sosial secara langsung itu, aku jadi tau kalau aku introvert, aku tadinya suka menyendiri, dan enggan ngobrol sama orang-orang meski udah kenal sama orang itu. Jadi misal kalo gak ditanya/disapa duluan, aku bakalan diem/cuek (parahnya, aku pernah dicap sombong karena cuek ini). Nggak tau juga sih tapi rasanya susah mau nyapa duluan, susah mau memulai pembicaraan. Aku juga gak suka basa-basi sebenernya, misal sok muji-muji bullshit semacam "Bebeb cantiiik! Aku kangen!!!" no way. Aku nggak tau kenapa, susah heboh, susah rame. Dulu memang sempet jadi anak urakan, heboh, tapi itu DULU waktu masih SMP tepatnya kelas 9.

Begitu SMA apalagi sekarang udah semester 4 kuliah (tahun kedua), aku jadi super pendiem, ya gak super-super banget lah. Kadang kita juga perlu punya 2 muka biar orang lain nggak benci sama kita, misal sekali-kali senyum, ngajak ngobrol duluan (ini nih yang super sulit-_-) gitu. Aku juga sering tengkar sama orang tua/sodaraku karena aku ini INTROVERT. Parahnya lagi, ada salah satu sodaraku yang kuliahnya jurusan yang mempelajari kepribadian orang-orang tapi tetep gak paham sama aku astaga :) jadi aku dicap nggak bisa membaur gitu, ya aku benci lah, kuliahnya dia itu relevan sama sifat dan kepribadian orang lho.

Terus masalah sama orang tuaku, dulu ortuku pernah nyuruh aku ikut muda mudi Karang Taruna (tau kan?) itu, tapi aku GAK MAU. Waktu disuruh itu aku kelas 10 SMA, dan dulu aku belum tau kalo aku introvert. Akhirnya aku vs ortuku tengkar kecil gitu gara-gara aku gak mau ikut Karang Taruna, entah, rasanya aku gak suka hal kayak gitu. Aku gak suka ketemu orang baru., dan aku gak suka organisasi. Kalau kamu baca ini dan mikir kalau aku orangnya aneh lah, nggaya lah, sombong lah, jelek lah, dll ya terserah kamu sih yang jelas aku gak mereka-reka soal ke-introvert-an aku ini. Btw keyboard laptopku jelek banget buat ngetik-_-

Terus sering juga aku dijauhi temen-temen karena aku nggak suka ikut organisasi sementara mereka ikut. Menurutku hal seperti memaksakan kehendak itu gak banget, super ngeselin dan emang aku pernah maksain kehendakku ke mereka? Ga pernah ya. Aku gak suka juga sama quotes "BE YOURSELF" apanya yang be yourself? Orang kalau ada seseorang yang be yourself dengan benar-benar menjadi dirinya sendiri, misalnya aku ini dengan ke introvert an ku, aku jadi dijauhi orang-orang kan...
Kenapa gak diganti ini aja "I want you to be like what I want instead of be yourself" itu lebih cocok. Kadang orang yang ngatain kamu munafik, lebih munafik ketimbang kamu, dan aku hampir tiap hari ketemu orang kayak gitu.

Soal terkadang aku gak ikut organisasi dan temen-temen/orang terdekatku pada ikut lalu mereka menjauhi aku dan ngecap aku nggak aktif, mereka mesti mikir kalau mereka udah berhasil dalam melakukan sosialisasi di lingkungan. SALAH BESAR! Justru mereka gagal, dengan mereka tidak mau merangkul semua orang hanya karena kepribadian orang itu berbeda dari mereka, hal itu bikin mereka gagal dalam menjalankan perannya di kehidupan sosial. Kalau mereka berhasil dan baik, harusnya mereka humble dong. Jadi gak usah menganggap orang lain salah jika diri sendiri aja belum bener, intinya gitu.

Selain itu, aku pernah juga tengkar sama pacarku gara-gara introvertku ini. Dia sebenernya juga introvert, tapi gak introvert banget, soalnya dia pernah ikut semacam Komunitas gitu di kampus, Komunitas Teater. Nah, aku ini introvert dan in a relationship, aku bisa kamu bilang jelek (ya terserah sih lol), soalnya aku tipe cewek yang "Don't do what I don't like" kalo pacaran. Jadi mau gak mau dia keluar dari teaternya itu. Tapi look at the good side, dengan dia punya pacar seorang introvert yang susah adaptasi sama lingkungan dan orang-orang baru, dia jadi gak khawatir kalo aku gak setia *eaaaa* alay banget lmao...
Aku lebih suka berteman sama cowok juga ketimbang cewek. Dari SMA udah gini, rasanya lebih nyaman dan less drama gitu...
Berteman bukan berarti suka dalam arti cinta ya. Aku tipe cewek yang susah suka sama cowok kalo gak bener-bener dikejar sama cowok itu dan punya similarity yang banyak sama dia. Aku juga "black-or-white-girl" jadi iya atau enggak sama sekali.

Inti dari postku ini adalah aku mau curhat soal semua yang aku rasain from being an introvert. Sebenernya di kelasku ada anak yang lebih introvert dari aku, cuma anak itu cowok dan super cuek gitu deh. Dulu pernah ngerjain tugas kelompok kan dia sekelompok sama aku dan tugasnya dibagi-bagi, nah bagiannya dia gak selesai sementara udah hari H, aku sebel dong ya, sebel banget malah. Dia juga gak peka amat, gak langsung ngerjain apa gimana gitu. Dosen bilang kalo gak dikumpul hari itu, dijamin cuma B atau B kebawah, aku nangis gitu deh kan bagianku aja KUKERJAIN BENER-BENER DAN DIJAMIN BAGUS, tapi karena kesalahan 1 orang malah jadi gitu akhirnya aku langsung ngerjain tugasnya dia gitu, jadi pas anak lain presentasi, aku ngerjain pake laptop, dan kekejar hari itu bisa dikumpulin. Bayangin yang ngerjain aku semua jadinya.

Oke, itu aja sih yang mau aku omongin. Mau ngejudge? Sangat dibolehkan asal mau di judge balik :)

No comments: